Sunday, January 1, 2012

Koin Korea Selatan 100 Won 1973 Yi Sun-sin

Ini adalah koin Korea Selatan 100 Won tahun 1973, sekeping koin luar negeri yang baru pertama kalinya saya lihat, saya pegang dan saya miliki dari beberapa koleksi koin luar negeri saya. Awalnya saya tidak tahu menahu dari negera mana koin ini berasal, namun begitu melihat aksara yang tertera di sisi depan (observe side), maka pikiran saya langsung memvonis bahwa koin 100 ini pastilah berasal dari Negara Korea. Penelusuran saya diinternet membenarkan dugaan saya tersebut. Koin 100 ini memang berasal dari Korea, tepatnya dari Korea Selatan.

Dan dibawah ini adalah gambar hasil scan koin Korea Selatan 100 won 1973, dengan kondisi terkini saat koin ini saya dapatkan dari seorang teman (1/1/2012).


Pencarian lebih lanjut tentang spesifikasi koin Korea Selatan 100 won tahun 1973 mendapatkan:
  1. Diameter koin: 24 mm 
  2. Berat koin: 5,42 gram 
  3. Komposisi koin: Cupronickel. Dimana 75% adalah dari copper dan 25% nickel 
  4. Observe (sisi depan) koin : Berukirkan sosok Yi Sun-sin, merupakan seorang laksamana. Dikenal juga dengan sebutan Laksamana Yi, merupakan tokoh militer sekaligus pahlawan nasional Korea yang memiliki andail luar biasa besar dalam perang yang dikenal dengan sebutan Perang Tujuh Tahun, sosok pahlawan yang berjasa menumpas invasi Jepang pada masa Dinasti Joseon. Selain itu Laksamana Yi dikenal juga akan penggunaan kapal berang berlapis besi yang diklaim pertama di dunia, berbentuk kura-kura yang bernama yang dinamakan Gobukseon. Memiliki rekor menang pertempuran laut sebanyak 23 kali tanpa terkalahkan selama masa Perang Tujuh Tahun tersebut. Oleh karena jasa-jasa dan semangat heroiknya sang laksamana ini diberi gelar Pahlawan Kesetiaan dan Pengabdian (Chung Mu Gong); 
  5. Reverse (sisi kebalikan) koin: digit nominal 100 serta tahun pembuatan/ keluaran.
So, bagaimana tanggapan kalian para pembaca terhormat?

1 comment:

  1. Terima kasih informasinya.
    Ternyata saya juga punya yg tahun 1978.
    Awalnya saya kira itu koin cina.

    ReplyDelete