Sunday, August 12, 2012

Misprint uang koin (1 Ringgit Malaysia tahun….?)

Misprint koin. Malaysia 1 Ringgit? - Informasi dasar yang saya dapatkan saat melihat koin ini adalah pada salah satu sisinya tertera gambar Keris bersilang dengan Sarungnya. Sisi sebelahnya polos. Tidak ada ukiran gambar atau apapun pada seperti uang koin kebanyakan. Selebihnya saya tidak mengetahui koin jenis apa ini, lebih jauh lagi saya tidak tahu dari Negara mana dan berapa denominasinya apalagi tahun edarnya. Indonesia tidak memiliki koin seperti itu.
Perhatikan koin yang sekarang ini kita bahas. Sebelah kiri yang merupakan sisi kebalikan dari sisi yang bergambar Keris bersilang dengan Sarung, tampal rata, polos (Misprint).


Namun kata terimakasih patut saya ucapkan pada Google yang dengan sukarela melayani keegoisan saya untuk menemukan koin apa ini sebenarnya!

Dengan beberapa keyword tertentu, (mudah-mudahan inilah koin yang dimaksud) ternyata koin ini adalah berasal dari Negara Malaysia!

Berapa denominasi-nya dan tahun berapa?
Mungkin sisi Misprint tersebut seharusnya tertera seperi gambar dibawah ini (1 Ringgit 1993).

Atau mungkin juga seperti ini (1 Ringgit 1995).

Segalanya serba mungkin. Bukan tidak mungkin, pada bagian misprint koin pertama diatas, tertera desain seperti gambar dibawah ini (1 Ringgit 1992).

Pencarian padanan di internet merujuk saya pada beberapa situs dan sepertinya koin ini adalah Koin 1 Ringgit Malayasia. Sedangkan untuk tahunnya, kemungkinan adalah koin selang tahun 1992 - 1993 hingga 1998 (masuk dalam kelompok Koin Malaysia Seri ke-2), mengingat tampilan muka untuk koin tahun-tahun diatas adalah sama yaitu keris bersilang sarungnya.

Memang sukar sekali untuk mengetahui angka tahun pasti, apa lagi bagian yang polos (misprint) justru terletak pada bagian itu. Sedangkan sisi sebelahnya tidak menjelaskan apa-apa, hanya gambar keris bersilang dengan sarungnya belaka!

Pertanyaannya benarkah koin yang divonis 1 Ringgit Malaysia yang sekarang ini ada pada saya adalah “misprint” atau sengaja saya yang membuatnya jadi “misprint” atau orang lain yang sengaja membuatnya jadi “misprint”?

Kisah koin ini sampai ketangan saya awalnya didapat dari Ibu mertua saat menyapu halaman rumahnya. Tanpa sengaja, ditanah, beliau melihat ada tampilan seperti uang koin 500 rupiah (karena ukurannya hampir sama dengan uang koin 500 rupiah). Namun saat dipungut, nyatanya koin itu bukanlah uang koin 500 rupiah. Akan tetapi berupa logam bulat berwarna kuningan bergambar Keris bersilang dengan Sarungnya sedangkan pada sebeleh sisinya adalah polos licin. Setelah sekian lama disimpan beliau, akhirnya koin ini diberikan pada saya karena beliau melihat saya memiliki minat untuk mengumpulkan uang koin maupun uang kertas yang aneh-aneh ataupun yang kuno.

Pribadi saya tidak memiliki kemampuan untuk membuat uang koin jadi “misprint” (membuat polos pada salah satu sisi koin). Lantas apakah ini pekerjaan dari orang lain atau justru asli dari Bank Negara Malaysia sendiri?

Ini misteri yang tidak bisa saya ungkap! Sama misteriusnya dengan mengapa bisa koin “misprint” 1 Ringgit ini bisa sampai ke halaman rumah ibu mertua saya.

1 comment:

  1. Utk mengetahui coin tsb misprint atau bukan,cari coin serupa lalu diukur ketebalan coin tsb,jika lebih tipis berarti coin tsb buatan manusia,ttg ada pd halaman anda,itu krn di.lempar/dibuang org disana. Krn di Indonesia tdk laku. Demikian analisa kami.

    ReplyDelete