Wednesday, January 11, 2012

Koin aneh aksara arab gambar Ababil, bulan sabit dan tiga bintang

Koin Ababil - Saya tidak mengetahui dari mana koin ini berasal, tidak menutup kemungkinan bahwa koin bertuliskankan huruf arab ini memang berasal dari Saudi Arabia.

OKE, deskripsi untuk tampilan koin yang ada pada saya sekarang ini, kurang lebihnya:
  • Memiliki ketebalan sekitar 0,4 cm, dengan diameter tengah kurang lebih 3,7 cm dan sepertinya terbuat dari bahan kuningan. 
  • Sisi 1: bertuliskan aksara huruf arab “ababil” dibawah tulisan tersebut terukir gambar “Burung Ababil” yang sedang terbang. Sepertinya diukir sedang terbang diatas Ka’bah. 
  • Sisi 2: berukir gambar bulan sabit dengan tiga bintang.
Koin dengan tulisan arab "Ababil" dimana dibawahnya terukir "Burung Ababil" terbang dengan sayap terentang dan dibawahnya adalah Ka'bah.

Tampilan akan koin tersebut, bisa pembaca terhormat lihat pada image yang menyertai postingan ini.

Koin ini didapatkan oleh keponakan saya, pada saat sedang mandi di kolong (air yang tergenang karena bekas penggalian material tambang seperti timah dan kaolin) di Pulau Belitong, sekitar awal tahun 2011 lalu. Cukup lama kami membicarakan koin aneh ini, namun tiada titik temu.

Sisi sebaliknya, ditengah-tengah koin terukir gambar bulan sabit dengan tiga bintang.

Saya coba mencari jawabannya dari internet. Saya menemukan satu hasil dari thread kaskus. Ternyata ada seorang kaskuser yang men-thread koin tersebut.

Sayangnya tidak ada kejelasan koin aneh tersebut berasal dari Negara mana. Ditambah lagi bentuk koin tersebut full bertuliskan huruf arab dan tanpa angka tahun apalagi akasara latin. Saya terus mencoba mencarinya dari sumber lain. Namun hasilnya nihil. Jadi saya sangat kesulitan akan informasi tentang koin ini.

Mungkin ada pembaca terhormat yang mengetahui sejarah, deskripsi, dan dari Negara mana koin aneh ini berasal, sudi kiranya berbagi dengan saya pada kotak komentar dibawah.

33 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku punya coin bulan sabit tengah2 ada 3 bintang..di belakang ada logo 2 keris..

      Delete
  2. Min,itu koin arab saudi,tapi bukan arab saudi sekarang.
    Perlu diketahui sejarah kerajaan arab saudi dahulu biar lebih mudah.
    Sbb kerajaan arab saudi yg sekarang adalah negara kedua dengan bendera hijau bertuliskan lafadz syahadat,sedangkan koin tersebut berasal dari kerajaan arab saudi pertama,dgn bendera hijau dan ada lambang bulan sabit dan tiga bintang ditengahnya.

    ReplyDelete
  3. Saya gk punya koin tsb,tapi klo saya lihat dari historisnya jelas sekali itu uang kerajaan arab saudi pertama,sbb memuat logo/lambang negara yg lama yakni bulan sabit dan tiga bintang.
    Kemudian tulisannya yg diatas ababil adalah سلام قوم رب رحيم "salaamun qoumu robb rohiim" artinya "keselamatan bagi suatu kaum (islam) oleh Rabb/Tuhan (Allah) yang maha penyayang"
    Untuk sisi sebelahnya tak terbaca,koin itu menceritakan waktu ka'bah/rumah suci orang islam diserang oleh raja nashrani dari yaman (abrahah),silahkan untuk literaturenya buka Al-Qur'an surat Al-fiil/gajah.
    Sepertinya koin itu kalau dijual mahal min,sbb historinya berkaitan langsung dgn Kitab suci,utk tahun emisi emg tdk ada,sbb kerajaan arab saudi pertama berdiri pada / sekitar abad pertengahan,lebih tepatnya zaman dinasti/kekhalifahan islam turki utsmaniy.

    ReplyDelete
  4. Min,coba timbang berapa berat koin tsb.
    Sbb itu koin DINAR/DIRHAM,jdi tidak memuat angka atau nominal,harga ditentukan oleh berat gram nya,maklum uang kuno. Sisi belakangnya yg terbaca oleh saya cuma kata "كعبة" ka'bah,القرآن alquran,لا اله الا الله" tiada tuhan yg berhak disembah kecuali ALLAH.
    saya yakin itu koin dari dinasti Saud/ kerajaan arab saudi pertama.

    ReplyDelete
  5. Tak usah heran kenapa uang itu bisa ada di belitong,menurut sejarah yg saya pelajari (cie..cie..seolah jadi leinardo davinci gitu.hihi..),wajar klo ada dibelitong,sbb pulau tsb sdh menjadi bandar/kota transit negara2 kuno dri seluruh penjuru dunia yg hendak mampir ke sumatra/ kesultanan palembang,karena kesultanan palembang merupakan salah satu negara/provinsi/emirat/aliansi dari kekhalifahan islam usmani,wajar kalo koin itu dlu pernah bersliweran di indonesia,bahkan kerajan islam hitu,kesultanan ternate & tidore di timur sana pun merupakan bagian dri kekhalifahan islam,sorry jadi panjang lebar nyasar ke sejarah,padahal lagi ngomongin koin,tpi lebih baik kita tau sejarah masuk koin itu dulukan..biar lebih mudah fahamnya..

    ReplyDelete
  6. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_Saudi_Pertama

    Link diatas,tentang negara asal uang tersebut,(KERAJAAN ARAB SAUDI 1 / EMIRAT DIR'IYAH).

    min,klo udh dijual,jgn lupa komisinya yah..heheheheh...
    (becanda min..jgn spechels gtu..)

    ReplyDelete
  7. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Diriyah

    Kota tempat uang itu dicetak saja sdh masuk UNESCO,apalagi UANGNYA...

    ReplyDelete
  8. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Diriyah

    Kota tempat uang itu dicetak saja sdh masuk UNESCO,apalagi UANGNYA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bos tau tempat jual koin tersebut. Dan berapa maharnya. Sya ada 1

      Delete
    2. Saya juga ada satu.. Kalo ada yg minat

      Delete
  9. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_Saudi_Pertama

    Link diatas,tentang negara asal uang tersebut,(KERAJAAN ARAB SAUDI 1 / EMIRAT DIR'IYAH).

    min,klo udh dijual,jgn lupa komisinya yah..heheheheh...
    (becanda min..jgn spechels gtu..)

    ReplyDelete
  10. Sama aku punya tapi gambar sisinya berbeda punya aku gambar kabah

    ReplyDelete
  11. Sama aku punya tapi gambar sisinya berbeda punya aku gambar kabah

    ReplyDelete
  12. Saya jg punya gan,tp gmbar kabah,lebih besar dan lbh berat,dan 2 yg lain gbr pegang senjata kiri kanan dan satu lg pegang tongkat,kl ada yg minat..

    ReplyDelete
  13. Saya punya uang koin arab yg berlambang 2pedang Dan sebelahnya ka'bah,,

    ReplyDelete
  14. saya jugak punya uang yang bulan sabit 3 bintang

    ReplyDelete
  15. Saya punya 2 koin min persis kayak punya mimin hehehe

    ReplyDelete
  16. Koin seperti ini masih ada yang nyari gak ya? Soalnya saya punya

    ReplyDelete
  17. Koin seperti ini masih ada yang nyari gak ya? Soalnya saya punya

    ReplyDelete
  18. Saudara saya pny 1, bentuknya sama persis, termasuk sisi uang yang gepeng.

    ReplyDelete
  19. saya jg punya koin nya kalo ada yg nyarik hubungi no wa saya 081907356664

    ReplyDelete
  20. saya ada gambar bulan sabit dan bintang 3 dan d balikan nya gambar burung dan kakbah dan berlapaskan al kur an no wa saya 081907356664

    ReplyDelete
  21. 081224215364 WA ane.ane juga punya koin itu kalo Ada yang minat harga nego nego

    ReplyDelete
  22. Saya jga ada 1 dngn gambar yg sama burung ababil. Ada ka bah di baliknya bulan sabit jga dan huruf arab pula

    ReplyDelete
  23. Saya jga ada 1 dngn gambar yg sama burung ababil huruf arab.ka bah.di baliknya bulan sabit..

    ReplyDelete
  24. Punya saya gambar 2 ayam jago. Dan dibaliknya seperti Mandau ada 2 juga mandaunya

    ReplyDelete
  25. Ane juga punya kalo ada yang minat japri aja 082261192043

    ReplyDelete
  26. saya juga punya dan selama ini dipake untuk kerokan sungguh amat bertuah koin ini...masuk angin langsung minggir wkwkwk

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. ini dari turkey gan, ,,kami punya juga plus kotak nya juga ini dari tahun 1928 masehi gan

    ReplyDelete